bunda estherlita

resep halaman 18

Belado Ayam Suwir Nov 28, ’06 8:48 AM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Meat & Seafood
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: sepiring
Description:
Sarapan pagi tadi bingung makan apa, lihat kulkas ada ayam dada, ternyata dibikin balado ayam enak juga dingin2 gini.
Cepet dan mudah bikinnya.
Apalagi kalau dalam kulkas udah ada bumbu dasar belado….
tinggal, sreng2 deh….
Jadi deh lunch boxnya Bamby….
Hasil akhir : rasanya pedes2 , asem seger….

Ingredients:
1/2 kg Dada ayam direbus dengan 2 cm jahe, 1 sere dan 1/2 sdt kunyit bubuk, juga garam dan merica secukupnya.

Bumbu belado :
Cabe merah ulek kasar2 atau iris kasar2 juga bisa.
2 bawang bombay atau bawang besar iris memanjang
2 buah tomat potong halus.
1 sdm bawang putih
Daun jeruk 3 lembar
1 jeruk nipis
garam secukupnya dan gula 1/2 sdt
minyak goreng secukupnya

Directions:
Bila ayam sudah empuk, angkat lalu goreng hingga agak kering, lalu suwir2. Sisihkan

Tumis cabe merah dan tomat hingga tidak berair lagi, lalu masukkan daun jeruk, bawang putih dan bawang bombaynya.
Masak hingga semua bahan itu layu dan harum, masukkan air jeruk nipisnya, aduk rata.
Masukkan ayam suwirnya dan sajikan dengan nasi hanget.

Tips : diberi air jeruk nipis biar warnanya beneran ngejreng.

Siomay Bandung Nov 27, ’06 9:23 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Side Dishes & Condiments
Style: Chinese
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: banyak
Description:
Meskipun siomay asalnya dari China tapi diBandung neh beken banget udah seperti makanan khas Bandung.
Tapi tetep aja saya tulis Chinese, karena melihat asalnya…
Ada yang versi ikan aja tanpa ditambah apapun ada yang versi ikan ayam dan udang, nah kali ini saya bikin versi campurannya.
Kalau yang ikan aja sering disebut siomay kampung, tapi ada juga yang lebih suka versi ini. Lain kali bikin versi yang ini.
Jadi dilarang protes ya, ntar kayak gateau itu diprotes karena ditulis asal Inggris, he he he…..
Lha wong yang banyak bikin gateau African saat ini wong Engres, mo bilang apa…. *dibahas lagi*
Kali ini resepnya sedeng aja, udah aku kecilin, karena resep asli seperti biasa untuk 200 potong….

Ingredients:
1/2 kg tenggiri dagingnya aja
1/4 kg udang kupas
1/4 kg ayam giling
200 gr kanji
100 gr terigu ( allpurpose flour)
1 sdm garam
1 sdt gula
1 sdt vetsin jika suka
merica sedikit
10 siung bawang putih
1/4 cup minyak ayam
2 sdm minyak wijen
200 cc putih telur
3 sdm daun bawang diiris halus

telur rebus,
kol lebar ambil lembaran daunnya buang tulangannya .
kentang
dan tahu yang sudah digoreng agak kering
pare kalau suka (saya gag pake)

bumbu kacang :
250 gr kacang digoreng dan dihaluskan
5 siung bawang putih
5 buah kemiri
5 buah cabe merah
minyak untuk menumis
gula merah
gula putih
garam

Directions:
Haluskan ikan, dan udang, campur dengan ayam giling, kalau ada di food processor lebih bagus jadi hasilnya lembut.
masukkan juga bawang putihnya, telur putih, serta gula, vetsin, garam dan merica.
Di FP hingga semua bahan campur, pindah ke baskom, masukkan 2 macam minyaknya dan aduk rata, juga 2 macam tepungnya plus bawang daunnya.
Aduk pelan2 agar tidak keras jadinya.
Bila semua bahan sudah kalis, bisa dicetak.
Untuk siomay, dengan bungkus kulit pangsit (lihat cara membungkus siomay)
Untuk tahu, sebaiknya tahu digoreng dulu, kalau ingin tahu biasa juga gpp.
Kol diseduh air hingga agak layu lalu isikan sesendok isiannya.
Telur rebus, pilih bagian putihnya lalu beri cekungan dan isikan bahan isiannya.
Kentang direbus setengah matang, lalu potong 2 lalu diberi sedikit cekungan, isikan bahan isiannya.
Kukus hingga matang.

Bumbu kacang :
haluskan kacang yang sudah digoreng, tidak usah terlalu halus seperti bumbu pecel, khasnya bumbu siomay tidak terlalu halus.
haluskan cabe merah dengan bawang putih dan kemiri, tumis dengan minyak hingga matang, masukkan kacang halusnya.
Tumis sebentar lalu tambahkan air kira2 1000 cc, masukkan gula merah, garam dan gula putihnya, masak dengan api sedang sampai berminyak.

asem2 tulang iga Nov 27, ’06 4:01 PM
for users zartje and estherlita

Category: Soups & Stews
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: sepanci
Description:
nyontek (udah ijin lho) resepnya mbak Ine, asem2 daging , nah bikin asem2 iga, abisnya punyannya iga….

Dingin2 gini maunya makan yang seger tapi hangat dibadan, juga harus ada sayurannya biar sehat, nah pilihannya bikin asem2 aja, lha wong tadinya pengen bikin rawon lupa buat togenya.

Ingredients:
5 Butir bawang merah iris tipis melebar
4 siung bawang putih cincang kasar
3 cabe hijau iris 1 cm
3 cabe merah besar iris 1 cm
sepotong lengkuas
2 lb daun salam
2 cm jahe iris tipis
2 buah tomat ijo potong 8
1 sdm asam jawa, di remas2 dengan 100 ml air
1/2 sdm garam
2 sdm gula jawa serut
500 gr daging iga
200 gr jagung muda potong 2 cm
200 gr pepaya muda atau bisa juga pake labu siem satu buah potong kotak2
200 gr buncis

Directions:
- Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan daun salam dengan sedikit minyak.
– Godog iga sampai hampir empuk , masukkan bumbu tumisan dan juga cabe merah, cabe ijo,tomat, air asem, garam, gula.
– Rebus sampai bumbu meresap dan daging empuk, masukkan jagung muda, buncis, dan labu siem/pepaya muda, masak sampai matang.
Sajikan panas2…. sedap deh dingin2 gini.

Soto Ayam ala d’ez Nov 21, ’06 5:27 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Soups & Stews
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: sepanci
Description:
Soto ayam buat ananda, yang lagi sakit, katanya dingin2 enaknya makan soto…emang iya nak… cepet sembuh ya…
Soto ini di padu ama perkedel kornet kali ini.
Soto nih simple tapi pernak perniknya banyak banget….

Ingredients:
1 ayam berat 1.2 kg dibelah empat
air 4 liter

Bumbu yang dihaluskan :
5 kemiri,
10 bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm jahe
2 cm kunir/kunyit atau kunir/kunyit bubuk 2 sdt.

bumbu lainnya :
merica, garam, gula, ketumbar halus 1/3 sdm.
1 sdm bawang putih goreng haluskan.
1 sdm kecap manis

rempah daun :
sere 2 batang, laos 3 cm digeprak, 5 lembar daun jeruk

pelengkap :
toge panjang atau kol, rebus sebentar
kripik kentang
telor rebus
sohun rendam air panas
seledri
daun bawang
bawang goreng
jeruk nipis

Directions:
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu daunnya, tumis lagi sebentar sisihkan.
Didihkan air, masukkan ayam rebus dengan bumbu yang sudah ditumis dan bumbu lainnya, sampai ayam lunak.
Angkat, tiriskan , goreng sebentar saja hingga dagingnya gak basah lagi angkat, suwir2 kasar.

Penyajian :
Kol atau toge, tumpuk dengan sohun, ayam suwir, telor, seledri dan daun bawang juga bawang goreng dan kripik kentang.
Siram kuahnya dan beri perasan air jeruk, sajikan panas2, enak dimakan dengan sambal rawit.

Perkedel Kornet Nov 21, ’06 9:43 AM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Side Dishes & Condiments
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 20 biji besar
Description:
Biasanya bikin perkedel dengan daging giling tapi kali ini pengen nyoba ama kornet. Tapi jujur seh aku lebih demen pake daging giling.
Kebetulan Bamby yang lagi sakit pesen soto ayam ama perkedel, jadi maknya harus bikin deh biar cepet sembuh…..he he he.

Ingredients:
1.5 kg kentang
1 kaleng kornet yang besar
garam dikit aja (kornet udah asin), merica, pala
2 sdm bawang goreng
1 sdm bawang putih goreng
1 sdm seledri cincang
2 telur dipisahkan.

Directions:
potong kentang kotak2 agak besar dan goreng kentang sampai matang, panas2 dihaluskan.
tumis kornet hingga panas/ lemaknya cair lalu taruh dalam sarangan/tempat yang lubang2, agar minyaknya turun.
haluskan bawang merah dan putih goreng, masukkan kornet campurkan
dengan kentang, dan bumbu lainnya, juga telor kuning dan seledri.
Bentuk perkedel, lalu gulingkan pada putih telor dan goreng.

Tip bikin perkedel cantik (jawab pertanyaan teman yang nanya antara lain si cantik Meylinda)
– Kentang tes atau kentang biasa aja tetapi pada saat dimatangkan lebih oke jika digoreng kentangnya sebelum dihancurkan, bukan dikukus, apalagi direbus.
– Setelah dibentuk tunggu dingin dulu baru digoreng, kalau mau mantap masukkan aja lemari es 2 jam aja.
– Celupkan ke putih telor dan digoreng.
– Digoreng minyaknya banyak dan panas, juga gorengnya jangan sekaligus banyak, agar suhu minyaknya gak turun, kalau minyaknya kurang panas biasanya gampang hancur…

*******
Korban akibat buka kaleng kornet, makanya aku tuh jarang makan kornet selalu ada aja korbannya.
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Trancam / Urap Mentah Nov 20, ’06 9:16 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Salads
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 1 selodor
Description:
Kalau yang gak suka makan mentah2an seh mungkin gak gitu doyan nih trancam, tapi kalau saya karena lama juga di tanah Sunda, mentah2an gini demen banget. Biasanya malah pake lamtoro kalau diIndonesia tapi ya disini mah mana ada ?, juga pake emping berhubung juga gak gitu doyan kerupuk2an… gak usah pake emping aja.
Biasanya saya suka makan trancam ini ama ikan asin hanya lagi gak makan ikan asin dulu deh, jadi makannya ama ikan goreng aja.
Kali ini resepnya kecil, gak perlu kalkulator he he he…..
Bikin bumbu urapnya bukan dikukus tapi ditumis sangrai (hanya pake minyak untuk bumbunya saja), jadi efeknya kering gak belenyek/berair, malah cantik jadinya.

Ingredients:
1/2 cup selada, iris agak halus
1 batang wortel, serut kasar
1/2 cup toge (kalau ada toge pendek lebih oke)
1 batang timun, potong kotak2
4 batang kacang panjang potong kecil2
1 buah terong bulet potong kotak2
1/2 cup kol iris halus (kalau ada kol ungu lebih cantik)
kemangi sedikit

bumbu urapnya :
1/4 kelapa agak muda parut memanjang
2 lembar daun jeruk diiris halus sekali

bumbu yang dihaluskan:
1 siung bawang putih
2 bh bawang merah
2 buah cabe merah
1/2 sdt asem dicairkan ambil airnya, 2 sdm
gula pasir
garam
secuil/dikit aja terasi bila suka
1 cm kencur

Directions:
haluskan bumbu lalu tumis dengan 1 sdm minyak, masukkan daun jeruknya lalu kelapa parut, tumis hingga semua bahan matang.
Matangnya kelihatan dari kelapanya udah terurai dengan baik gak ngumpul lagi.

Ikan bakar bumbu kecap Nov 19, ’06 8:56 AM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Meat & Seafood
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 2 ekor ikan
Description:
Sebenernya mah bikin ikan bakar banyak macemnya cuman saya pengen yang gampang aja dan lumayan enak buat selera kami.
Jadilah ikan bakar kayak gini…. sebenernya malu juga posting ikan bakar, karena yang ini sangat simple.
Tapi berhubung ada yang minta resepnya jadi saya posting aja (ngacung ya ya minta).

Ingredients:
2 ekor ikan kakap kira2 1.5 kg atau ikan apa saja sesuai selera, dibersihkan dibuang ekornya, cuci bersih lalu lumuri dengan air jeruk, diamkan 15 menit. Cuci lagi dengan air, tiriskan.

bumbu :
1 bungkus kaldu bubuk ( dipakai kaldu ayam), kalau sudah pakai kaldu bubuk ini gak usah pakai garam lagi
1 sdm bawang putih dihaluskan

balurkan bumbu ini pada ikan diamkan sebentar , lalu ikan dibakar.
jangan sering2 dibalik ikan bila dibakar biar kulitnya mulus, gak terkelupas, biarkan satu side hingga matang, baru dibalik

Directions:
Ketika satu side matang ( side A), olesi dengan olesan :
1 sdmbutter
1 sdm kecap manis
1 sdm saos tomat
sedikit merica segar kalau bisa (fresh grind)

olesi dengan kuas yang terbuat dari sere kalau ada ( serenya digeprak hati2 sampai berserabut), baunya lebih harum.
Olesi ikan yang sudah matang, sambil nunggu side B matang, setelah side B matang, side A yang sudah diolesi campuran kecap, bakar sebentar saja agar gak gosong.
Balik ke side B, bakar sebentar angkat dan sajikan dengan sambal, lalapan dan nasi anget.

Lodeh bumbu iris Nov 16, ’06 6:22 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Soups & Stews
Style: Other
Special Consideration: Vegetarian
Servings: selodor
Description:
Gara2 bikin kering tempe, kering kentang (padahal rencana buat kemping tapi kok pengen juga buat dimakan sekarang), kok pengen bikin lodeh buat sayurnya, lodeh kali ini bumbunya semua diiris dan dicemplung aja.
Lodeh ini judule lodeh males ngulek….
Hasilnya lebih seger dibanding lodeh yang bumbunya ditumis.
Sengaja pake santan bubuk biar bisa pake sedikit aja santanya. Kalau pake yang kalengan maunya pake 1 kaleng aja, dan selalu terlalu kental.

Ingredients:
sayurannya yang ada aja dilemari es :
5 buah jagung muda
1/2 bh labu siem
5 lonjor kacang panjang
2 buah cabe ijo ( kalau gak suka pedes, gak usah pake)
1 tomat muda kecil
3 lembar daun kol

bumbu :
5 buah bawang merah iris melebar
2 siung bawang putih iris melebar

1 lembar daun salam
1 cm laos digeprak.

gula merah dikit, garam, ketumbar halus 1/2 sdm, 1 sdm santan bubuk.
500 cc air/ kaldu (saya pake air aja)

Directions:
didihkan air, masukkan semua bumbu dan gula ,garam dan ketumbar.
masak hingga bumbu berasa harum.
masukkan sayurannya masak sampai hampir matang, masukkan santan, didihkan sebentar, angkat dan sajikan.

kering kentang pedes Nov 16, ’06 6:05 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Side Dishes & Condiments
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: banyak
Description:
lagi demen bikin yang kering2 buat bawaan kemping , sekarang kena giliran kentang, tapi sebenernya kripik kentang ini sisa goreng kentang buat soto yang kapan tau, daripada gak kemakan mending didaur ulang, kelihatannya enak juga.

Ingredients:
1 kg kentang, iris sesuka hati, rendam air kapur lalu cuci, bilas dan goreng dengan minyak banyak dan api sedang.
1 ons teri medan digoreng.

Biar cepet kentang diiris dengan potatoes slicer seperti ini


bumbu yang dihaluskan :
4 cabe merah
5 bawang merah
2 siung bawang putih

rempah daun :
1 batang sere
4 lembar daun jeruk

bumbu lainnya
1 buah gula merah ( sekitar 150 gr)
2 sendok makan gula pasir
1 sdm asem jawa dilarutkan dalam air 100 cc

1/2 sdm bawang putih goreng yang dihaluskan.
3 sdm bawang goreng

bumbu :
asam
gula jawa
gula pasir
( kalau pake teri asin gak usah kasih garam lagi, terinya udah asin)

Directions:
Cabe merah, bawang merah dan bawang putih dihaluskan lalu di tumis sampai agak kering, masukkan sere dan daun jeruk.
Masukkan air asem, gula jawa/merah dan gula putih juga garam, masak hingga menjadi kental. Harus sampai berbusa bumbunya baru bisa dimasukkan kentang dan terinya, kalau belum sampai berbusa, berarti masih kurang kental. Lihat gambar :

Image Hosted by ImageShack.us

Masukkan kentang dan teri , aduk rata.
Tambahkan bawang putih goreng dan bawang goreng, aduk rata.
Keluarkan daun jeruk dengan serenya.
Hidangkan dengan ditaburi lagi bawang goreng bila suka.

 

Tips :
- Bila ingin kering kentangnya gak nempel satu sama lain terlalu keras, ketika selesai dibumbu biarkan dulu dalam wajan, begitu aget2 pisah2kan dengan garpu, diamkan lagi, lalu ketika akan dingin pisah2kan lagi.
- Waktu akan ditempatkan dalam wadah dipisah2kan lagi dalam keadaan dingin, disimpan dalam tempat yang adem/dingin (bukan lemari es), gak deket kompor atau matahari, tahan lama dan gak nempel lagi.
- Tapi kalau pengen saling nempel ya, anget2 langsung ditempatkan dalam wadah, jangan ditutup dulu, kalau sudah dingin ditutup, niscaya hasilnya saling lengket.
- Atau jika ingin dibentuk sekelompok2/dibulat2, anget2 dibentuk, taruh dalam wadah melebar dulu, kalau sudah dingin baru masukkan dalam stopples. Ngambilnya gampang, sekelompok2 gitu.

Kering Tempe pake Teri…. Nov 15, ’06 10:01 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Side Dishes & Condiments
Style: Other
Special Consideration: Vegetarian
Servings: banyak deh
Description:
mau kemping lagi, siap2 ah bikin ginian buat sarapan paginya…
kebetulan masih punya teri goreng ama tempe goreng , bikinan asistenku kemarin itu….
enak bawa bahan yang belum dibumbu, simpan dalam wadah kedap bisa tahan lama banget gak tengik…
terutama teri kalau bawanya udah mateng, gak perlu nggoreng lagi di apartemen yang baunya bikin tetangga ngamuk….
Iseng aja tadi lagi bikinnya pengen difotoin, siapa tau ada yang butuh.

Ingredients:
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

2 mangkok tempe yang udah digoreng kering (gak tau dari berapa tempe seh …)

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

1/2 mangkok teri

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

1/2 mangkok kacang tanah goreng (kalau mau banyakan kacangnya bisa ditambah jadi 1 mangkok, enak juga)

bumbu yang dihaluskan :
4 cabe merah
5 bawang merah
2 siung bawang putih

rempah daun :
1 batang sere
4 lembar daun jeruk

bumbu lainnya
1 buah gula merah ( sekitar 150 gr)
2 sendok makan gula pasir
1 sdm asem jawa dilarutkan dalam air 100 cc

1/2 sdm bawang putih goreng yang dihaluskan.
3 sdm bawang goreng
( kalau pake teri asin gak usah kasih garam lagi, terinya udah asin)

Directions:

Cabe merah, bawang merah dan bawang putih dihaluskan lalu di tumis sampai agak kering, masukkan sere dan daun jeruk.
Masukkan air asem, gula jawa/merah dan gula putih juga garam, masak hingga menjadi kental.

Masukkan tempe, teri dan kacang, aduk rata.
Tambahkan bawang putih goreng dan bawang goreng, aduk rata.
Keluarkan daun jeruk dengan serenya.
Hidangkan dengan ditaburi lagi bawang goreng bila suka.

Meat Loaf saus Jamur Nov 14, ’06 8:00 AM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Meat & Seafood
Style: American
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 2 loaf
Description:

Ceritanya sih kayak meatloaf ala d’ez aja, galantine juga boleh kalau mau disama2in….
Karena sausnya rada “mbarat”, jadi namanya dibedain….
Enak dimakan ama rebusan sayur, kentang dan salad, tapi daku kan rada udik jadi dimakan aja ama nasi arab…lha kan gak nyambung..biarin yang penting enaks…

Ingredients:
1/2 daging giling yang halus.
100 gr tepung roti
100 cc evaporated milk
1 kantong sup knorr/maggie bubuk rasa mushroom
1 sdt mustard bubuk
1/2 sdt sage bubuk (kalau suka optional)
1/2 sdt parsley seger / kering
2 buah telor
merica hitam
pala
garam sedikit just in case kurang asin dan gula sedikit

Campur semua bahan, lalu uleni sampai kalis, bentuk lonjong bungkus kantong plastik lalu dikukus.
Setelah matang, buka bungkusnya biarkan agak dingin lalu dioven sebentar asal bagian luarnya agak coklat, begitu keluar langsung olesi butter semua permukaannya, sisihkan.

Directions:
Sausnya :
1000 cc kaldu daging
1 bh bawang bombay potong kotak
1 siung bawang putih cincang halus
200 gr jamur seger potong sesuai selera
100 gr seledri besar potong kotak2 kecil

bumbu saus :
rosemary, sage dan basil, sedikit
1 sdm mustard
1 sdm saus Lea and Perrinche/ Kecap Inggris
1 sdm barbeque saus
garam, merica biasa/putih.
2 sdm cream cair
2 sdm terigu
1 sdm minyak
2 sdm butter

panaskan minyak dengan butter, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih, masukkan terigu, aduk rata lalu masukkan kaldu dagingnya sedikit2, aduk hingga campur rata tidak bergumpal, didihkan.
masukan jamur dan seledri besar, didihkan, tambahkan semua bumbu dan cream, masak hingga matang semua bahan.

Potong meatloaf sesuai selera, siramkan kuahnya, sajikan panas2…

Baso Rambutan aka Baso Jabrig Nov 13, ’06 10:27 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Soups & Stews
Style: Chinese
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: banyak deh
Description:
Lihat blognya Elika kemarin pas lagi laper2nya puasa eh ada baso rambutan, ngiler banget, udah lama lupa gak pernah bikin ini.
Modif sesuai keinginan saya, yang lagi pas pengen makan kol, jamur seger ama sawi ijo.
Enak banget dingin2 makan nih baso rambutan, apalagi pake saos sambal… halah sedepnya.
Kali ini sayurnya dibikin lain aja deh.
As always jadinya banyak, silahkan kecilin sendiri.
Idenya Eva Kuwait dinamain Jabrig; kayaknya ide bagus tuh….makasih ya (kayaknya lebih “eye catching” dibilang baso jabrig)

Ingredients:
basonya :
1/2 ayam cincang
2 telur
3 sdkm kanji
1 sdm bawang putih
( di food processor semuanya sampai kalis)

50 gr soun , direndam potong2 1cm
25 gr jamur kuping rendam potong halus
1 batang wortel, parut halus, sebesar parutan keju
1 sdm garam
1 sdt gula
1 sdm minyak wijen
merica secukupnya

Didihkan air di panci kira 1 liter.
Campur semua bahan lalu sambil dibulat2kan, masukkan setiap selesai membulatkan, bisa dengan cara pake 2 sendok kecil, bisa juga dengan cara seperti bikin baso.
Masak sampai mengapung, angkat, sisihkan.
Image Hosted by ImageShack.us

Directions:
Pelengkap kuahnya :
jamur segar potong sesuai selera
kol potong kotak2
sawi ijo/pakchoy/bok choy, atau apa aja yang ijo, potong2 .
daun bawang iris halus untuk taburan.

1 sdm bumbu dasar putih
garam, merica dan gula secukupnya.
500 cc kaldu ayam kental atau kalau gak ada tambahkan air 500 cc lalu tambahkan kaldu ayam block 2 buah.

Didihkan air sisa perebus baso tadi lalu tambahkan kaldunya, bumbu dasar dan garam, gula serta merica.
Masukkan jamur dan sayurannya bersama basonya. Masak hingga sayur agak layu, angkat dan taburi daun bawang.
Sajikan panas2 dengan sambal botolan.

Ikan Bawal masak Pesmol Nov 12, ’06 10:31 PM
for users zartje and estherlita

Category: Meat & Seafood
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 2 buah ikan
Description:
Pesmol yang ini semi kepepet soale bikin buat gurunya Bamby si Mr Khalifa…
Gak brani terlalu bumbu Indonesia maklum lidah Lebanon yang blum pernah makan makanan Indonesia, jadi banyak bahan yang di adaptasi aja. ternyata blio suka banget malah tadi bilang kayaknya bulan depan Bamby kan ultah lagi… tuman kayaknya he he he…
as always kecilin sendiri resepnya…

Ingredients:
2 ikan bawal beratnya 1.5 kg, bersihkan, cuci dengan jeruk nipis, beri garam dan merica sedikit, diamkan sebentar lalu goreng hingga matang tapi tidak kering.

bumbu yang dihaluskan :
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunir
5 buah kemiri

bumbu daun :
5 lembar daun jeruk
2 batang sere digeprak

pelengkap yang diiris :
4 batang daun bawang potong panjang2
2 buah timun buang bijinya iris korek api
2 buah tomat ijo/mengkal, belah menjadi 8
3 batang seledri besar potong korek api (kalau suka)
5 buah cabe merah iris memanjang, tumis dulu sebentar sampai hilang langunya sisihkan.
Kalau yang asli pake kemangi, kebetulan kami gak pake, takut gak suka mr Khalifanya….

gula, garam, cuka
santan kental dari 1/2 butir kelapa atau 2 sdm santan bubuk atau 1/2 kaleng santan.
500 cc air

Directions:
Haluskan bumbu lalu tumis sampai harum, masukkan rempah daun. Tuangkan air juga santannya/kelapa bubuk. Beri gula garam dan cuka.
masukkan ikan yang sudah digoreng, masukkan semua bahan yang diiris, masak dengan api sedang hingga kuah mengental.

Hidangkan hangat2.

Rahasia pesmol sedap adalah masak kuahnya sampai bener2 semua bumbu campur aromanya/agak lama, sampai berminyak, tambahkan air sedikit lalu masukkan ikannya masak lagi dengan api kecil hingga kuah mengental kembali. Dengan cara ini biasanya bumbunya nyerap banget ke ikannya, lebih sedap.

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Lihat deh lahapnya Mr Khalifa…. Bangga.com

Pangsit goreng Nov 12, ’06 6:28 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Appetizers & Snacks
Style: Chinese
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 90 buah kurleb
Description:
Seperti biasa kalau mau nyontek nih resep silahkan bawa kalkulator kecilkan sendiri aja, bukan karena ini resep catering tapinya ini resep kami sehari2 , soale sekali goreng 30 buah, sisa masuk lemari es, besok goreng lagi…. kalau puasa hampir tiap hari makan pangsit gini. enak buat cemilan asinnya.
Resepnya gampangan aja hasilnya lumayan enak kata saya sih…..

Ingredients:
1/2 kg ayam cincang
1/2 kg udang kupas dan dihaluskan
2 sdm bawang putih halus
2 sdm daun bawang yang sudah diiris halus
100 cc putih telur atau telur biasa 2 buah
garam, merica dan gula dikit aja buat rasa aja.
1 sdm minyak wijen
100 gr kanji

Directions:
campur semua bahan, kecuali daun bawang. uleni sampai kalis, baru masukkan daun bawang. Aduk rata.
ambil sesendok2, isikan pada kulit pangsit, lem dengan putih telur, greng dalam minyak panas dan panas, api sedang saja jangan terlalu besar biar pas coklat pas matang dalamnya.

Kalau belum habis masukkan stoples, biar gak melempem, buat besok sih agak melempem tapi gak memble….

Sausnya , saya pake saus botolan aja, gak ada yang suka kalau pake saus yang dibikin, aneh ….

Sayur Asem bening Nov 10, ’06 11:58 AM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Soups & Stews
Style: Soulfood
Special Consideration: Vegetarian
Servings: selodor
Description:
Biasa bikin sayur asem betawi yang pake kemiri, sekarang pengen yang bening aja tanpa kemiri, mana siang ini hari kok masih panas aja, kayaknya lebih seger.
Sayurnya orang males, gampang2an aja.

Ingredients:
1 cup kol iris sesuai selera
1 cup kacang panjang, potong panjang
1/2 cup jagung muda, potong kotak2
1/2 cup labu siem potong kotak2
2 sdm jagung manis pipil
2 sdm kacang tanah

bumbu yang dihaluskan :
5 bh bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabe merah
1 buah tomat

2 sdt asem dilarutkan dalam air, saring
1 cm laos
2 lembar salam

2 sdm gula pasir
1 sdm garam
1/2 sdm gula merah

air 1500 cc.

Directions:
masak semua bumbu sampai mendidih masukkan kacang tanah dan jagung, masukkan juga gula, garam dan asem. Masak sampai kacang tanah dan jagung matang. Cicipi dan bila rasa sudah sesuai, masukkan semua sayuran, godog sebentar.

Tip : Jika suka air bisa diganti kaldu daging, lebih gurih, atau juga ditambahkan terasi 1/4 sdt atau vetsin agar gurih.

Sajikan dengan ayam bakar kecap (menyusul postinganya) dan jika suka ikan asin (saya lagi diet makan ikan asin, karena hal hil jadi pake ayam bakar aja….)

Lumpia imut isi orak arik udang Nov 10, ’06 12:09 AM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Appetizers & Snacks
Style: Chinese
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 40 buah yang mini
Description:
Iseng2 punya sayur orak arik dimasukin ke kulit lumpia, enak juga ternyata, gak harus pake rebung sih sayuran apa aja enak sih, apalagi makannya pake saus cabe manis. Untuk variasi diselipkan udang mentah didalamnya, akan matang ketika digoreng dan hasilnya udangnya matang pas dan masih empuk tidak overcooked.
Dipakai daun ketumbar dan daun bawang untuk memberi rasa unik pada udangnya, juga biar tidak terasa amis pada udang.
Mana bikin lumpianya mini banget, bedakan aja besarnya dengan yang ukuran biasa….setengahnya.

Ingredients:
1 buah wortel
1 cup kol dirajang halus
100 gr buncis potong serong
1 buah bawang merah besar atau bawang bombay, iris memanjang
1 sdm bawang putih cincang
3 batang daun bawang iris halus
1 sdm daun ketumbar cincang halus
40 buah udang ukuran sedang, cuci dengan air jeruk, sisihkan
1 sdm saus tirem
garam dan merica
kulit lumpia yang kecil.

Directions:
tumis bawang putih , bawang besar , ditumis lalu masukkan semua sayuran, beri saus tirem, garam dan merica.
Setelah agak layu, masukkan daun prei, aduk rata, angkat.
Taburi daun ketumbar aduk dan siap untuk isian.
Isikan pada lumpia, sambil diselipkan 1 buah udang, gulung, rekatkan dengan putih telur atau terigu yang dicairkan agak kental.
Goreng dengan api sedang dan minyak banyak sampai matang kecoklatan.

Colenak Nov 9, ’06 6:41 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Desserts
Style: Soulfood
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 1 piring
Description:
Kali ini bikin makanan jadul dari tanah Parahyangan/Sunda. Kangen kalau udah lama gak makan ini deh, kebetulan punya tape singkong agak kurang manis hasilnya, kayaknya lagi bikin kemarin sambil ngerumpi sih ama si mbah, biasa ngerumpiin yang itu tuh….*twink2*
Kalau tapenya gak gitu manis dibikin colenak malah jadi sip karena kuah gula merahnya kan cukup bikin makanan ini manis.
Biasanya kelapanya sih dikukus, tapi hasilnya selalu agak benyek jadi kali ini disangrai aja hasilnya malah bagus.

Ingredients:
Tape singkong, lihat cara bikinnya disini
200 gr gula merah
500 cc air
50 gr gula putih
1 lembar daun pandan
100 gr kelapa parut
garam sedikit

Directions:
- masak gula merah, pandan dengan gula putih dan air sampai mendidih dan gula hancur, saring.
masak lagi gula hingga agak kental.
– sangrai kelapa dengan garam sebentar hanya sampai matang saja.
– bakar tape di pan grill sampai agak kecoklatan

penyajian :
atur tape bakar, taburi kelapa parut dan siram dengan gula merah.

Wijen keju Nov 7, ’06 1:36 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Baking
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 1kg
Description:
Salah satu variasi bikin kaastengel ya diberi taburan wijen, mantab juga lho, rasanya makin gurih aja.
Gak perlu diolesi apa2 wijen bisa nempel sendiri, hanya kalau masih panas jangan dipegang wijennya rontok, kalau udah dingin gpp, bisa langsung masuk stoples.

Ingredients:
450 gr mentega ( 350 butter + 100 gr margarine)
350 gr keju parut ( edamer)
600 gr terigu protein tinggi
3 telor kuningnya aja

wijen yang sudah disangrai setengah matang secukupnya.

Directions:
kocok mentega dengan keju dan telur sampai tercampur rata, lalu masukkan terigunya aduk rata.
bentuk sesuai selera, gulingkan pada wijen, tekan2 sedikit biar nempelnya bagus, atur dalam loyang dan oven selama 30 menit dengan api 165 derajat C.

Resep asli : d’ez.

Mocca Nescafe Cookies Nov 6, ’06 2:44 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Baking
Style: American
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 1.2 kg
Description:
Buat penggemar kopi tubruk yang rada pahit kue ini kayaknya cocok.
Sengaja dibikin gak terlalu manis biar kerasa kopinya, tapi diberi juga penambahan pasta mocca, hingga harumnya nih kue menggugah selera banget selagi dibakar….

Ingredients:
450 gr mentega ( 300 butter + 150 margarine)
600 gr terigu
350 gr gula halus
3 telur pisahkan kuning dan putihnya
3 sdm kopi instant seduh dengan air panas
2 sdm susu bubuk
1 sdm pasta mocca

almond cincang kasar untuk taburan

Directions:
Campurkan kopi dengan pasta mocca.
Kocok putih telur hingga agak kaku sisihkan
kocok mentega dengan gula halus sampai tercampur rata, masukkan campuran kopi dan kuning telur, lalu masukkan juga terigunya 1/2 bagian.
Aduk hingga rata lalu masukkan putih telur kocok campurkan masukkan juga sisa terigunya, aduk hingga semua bahan tercampur.

Masukkan kedalam kantongan dengan mata spuit bergerigi bagian atasnya, semprotkan pada loyang yang sudah dialasi kertas roti atau pada loyang teflon tanpa diolesi lagi margarine.
Taburi almond cincang secukupnya tekan2 sedikit biar gak lepas.
Oven selama 20 menit .

Beri meringue jika ingin kuenya lebih manis rasanya.
Yang pake meringue dibawah ini :
Image Hosted by ImageShack.us
icing/ glazuur :
250 gula halus
1 sdm putih telur
1/2 sdt cuka
Cara : kocok semua bahan sampai kaku, semprotkan pada kue yang baru aja keluar dari oven dinginkan, icing akan kaku sendiri.

tahu susur jamur Nov 6, ’06 2:30 PM
for Bunda Estherlita’s contacts

Category: Appetizers & Snacks
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 20 buah

 

Description:
sisa tahu (banyak ya aku punya tahu pong), dibikin tahu isi aja yang dikenal dengan tahu susur, hanya pake jamur seger mumpung punya neh sisa bikin cah bunga kol.
enak juga lho pake jamur secara aku emang demen banget jamur sih, selain antioksidan yang bagus.

Ingredients:
20 buah tahu yang sudah digoreng
1 batang wortel serut kasar
50 gr toge
2 batang daun prei, iris halus
50 gr jamur segar
1 siung bawang putih
1 butir telur
garam dan merica secukupnya

kulitnya:
100 gr terigu
1 siung bawang putih haluskan
garam secukupnya
air secukupnya
cara : aduk semua bahan sampai kalis.

Directions:
tumis bawang putih lalu masukkan wortel , lalu toge dan jamur, tumis hingga matang, masukkan garam dan merica lalu telur, aduk2 rata sampai telur matang. angkat sisihkan.

belah tahu lalu isikan sampai penuh, celupkan pada adonan terigunya goreng dengan minyak banyak sampai matang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: